Kue Onde onde makanan khas Indonesia

Onde onde adalah sebuah nama kue atau makanan khas dari indonesia yang berbentuk bulat yang diluarnya terdapat tempelan wijen dan isinya berupa kacang ijo. Asal muasal keberadaan kue onde ini belum diketahui pasti asalnya dari mana karena sebagian orang ada yang bilang makanan ini adalah khas jawa ada juga sebagian orang menyebut berasal dari kalimantan. Tidak usah dipermasalahkan ini kue onde asalnya yang pasti kue ini adalah makanan khas dari indonesia.
kue onde onde
Kue Onde onde makanan khas Indonesia
Seperti jalanmakan.net sebutkan diatas makanan ini adalah khas indonesia jadi anda yang ingin mencoba kue onde onde ini tidak akan sulit mencarinya jika anda di indonesia. Karena makanan atau kue ini sudah banyak dijual di mana saja baik itu jakarta, bandung, jogja, atau luar pulau jawa sekalipun pasti anda akan bisa merasakan nikmatnya kue onde ini.

Jika anda tinggal di daerah jakarta pasti anda menemukan kue onde mini atau kue onde kecil-kecil. Mungkin karena persaingan dagang atau apalah si pedagang merubah ukurannya menjadi mini yang menjadi terlihat unik dan menarik si calon pembeli. Untuk harga onde mini ini biasanya dijual dengan harga satuan 200 rupiah. Sedangkan harga normal kue onde ini biasanya dijual mulai dari harga 1000 sampai 2000 rupiah.

Jika anda ingin mencoba membuatnya sendiri ini ada beberapa cara membuat kue onde onde makanan khas indonesia yaitu :

1. Membuat kulitnya dahulu
Cara membuat kulitnya dengan cara Campurkan tepung ketan, tepung beras, vanilli bubuk, garam. aduk hingga rata. Tuang air panas secara perlahan hingga tidak terasa lengket ditangan.

2. Membuat isinya
Caranya adalah rendam kacang hijau sekitar 3-4 jam, lalu cuci bersih. Kukus kacang hijau hingga empuk, lalu haluskan. Campurkan vanilli, gula, garam dan aduk hingga rata.

3. Goreng dan siap saji
Sebelum menggorengnya ambil sedikit kulit yang tadi kita buat lalu isi dengan kacang hijau yang tadi kita buat juga setelah itu kita bentuk menjadi bulat lalu rendam ke air dingin lanjut kita baluri dengan wijen hingga rata lalu goreng diminyak yang sudah panas. Tunggu sampe mengambang dan juga berubah warna jadi keemasan itu tandanya kue onde kita sudah matang dan siap saji.

Setelah selesai membuat kue onde onde lalu kita sajikan dengan segelas teh hangat, dan kita santap bersama keluarga akan terasa lebih nikmat. Namun untuk kamu yang tidak bisa membuatnya kamu tidak usah khawatir karena cukup kamu keluarkan uang kamu seribu rupiah saja untuk membeli dan menikmati kue onde yang sudah siap saji.

Post a Comment for "Kue Onde onde makanan khas Indonesia"