Kalibiru Wisata Alam Yang Terdapat Di Gunung Menoreh Jogjakarta

Setelah satu jam berkendara dari Jogja, hawa dingin menyegarkan dipersembahkan kepada kita sebagai salam pembuka. Perasaaan yang sejak siang diburu hiruk pikuk jalanan kota mendadak tenang, tiba-tiba tentram. Tak ada motor berseliweran, jalanan lengang, halaman asri di rumah-rumah penduduk desa membuat kita ingin segera pindah ke sini.
Wisata alam kalibiru
Kalibiru sebuah desa di Pegunungan Menoreh yang menjadi pagar sisi barat Yogyakarta. Di pegunungan inilah 200 tahun silam Pangeran Diponegoro bersama pasukannya pernah berjuang melawan Belanda, sebelum akhirnya ditipu dan kemudian dibuang ke Sulawesi hingga akhir hayat.
Kalibiru wisata alam jogja
Kalibiru menjadi sebuah desa yang terkenal karena ekoturismenya. Hal itu tidak begitu saja terjadi, perlu berpuluh tahun mengembalikan keelokan Kalibiru yang sebelumnya sempat tandus karena aksi pembalakan hutan. Kini, berkat usaha penduduk menghutankan desa, wisata Kalibiru dapat menggerakkan perekonomian dan menjadi sumber penghidupan warga.

Waktu paling tepat untuk datang ke Kalibiru adalah sore hari, saat matahari mulai ramah dan suasana menjadi sedikit melankolis. Di sini ada sebuah pohon pinus yang terletak di pinggir jurang, dari pohon inilah kita bisa bebas lepas memandang moleknya pegunungan menoreh.
Kalibiru, gunung menoreh, jogja
Jangan ragu untuk meniti tangga gantung yang telah tersedia, untuk menghirup udara segar pegunungan sambil menikmati pemandangan disekitar dan terlihat sebuah telaga yang tenang terlihat dari kejauhan yang seakan membuat kita merasa nyaman, damai, asri, dan seakan kita tak ingin kembali ke kota.

Indonesia memang rajanya tempat wisata alam terbanyak di dunia, seperti tempat wisata alam kalibiru ini yang harus kalian kunjungi. Tak heran jika banyak touris asing yang senang berkunjung keindonesia hanya karena keindahan alam yang dimiliki negara kita. Nah, sebelum kalian liburan ke luar negeri ada baiknya kalian kunjungi dahulu tempat wisata ini.

Post a Comment for "Kalibiru Wisata Alam Yang Terdapat Di Gunung Menoreh Jogjakarta"